Cegah Corona, 9 Kebiasaan Ini Dapat Membuat Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

0
218

Kesehatan merupakan harta yang tak ternilai harganya. Oleh sebab itu, agar tetap sehat kebanyakan orang akan rela untuk melakukan apa saja. Segala cara dilakukan baik yang bernilai medis maupun non medis.
Mulai yang logis hingga yang bernuansa supernatural merupakan beragam usaha yang dilakukan oleh banyak orang dari berbagai kalangan untuk senantiasa sehat atau mendapatkan kembali kesehatannya.

Sering juga seseorang melakukan berbagai cara dengan menghabiskan banyak biaya dan bahkan juga ada yang menabrak aneka norma maupun logika. Tetapi, sebenarnya menjaga diri untuk tetap sehat tidaklah sulit dan kadangkala juga tidak memerlukan biaya sama sekali. Tetapi tentunya kita butuh ekstra kesabaran dan ketekunan, karena hanya beberapa orang yang bisa untuk tetap konsisten untuk menjalani. Berikut merdeka.com rangkum 9 kebiasaan untuk bantu tubuh tetap bugar dan sehat yang dilansir dari berbagai sumber,

  1. Berpikir Positif (Positive Thinking)

Selalu berpikir positif merupakan kebiasaan yang bisa bantu tubuh tetap sehat dan bugar yang bisa Anda lakukan. Selain tidak memerlukan biaya, selalu berpikir positif juga akan membuat tubuh akan sehat. Kondisi gangguan mental seperti stres dan depresi telah terbukti menganggu kesehatan tubuh seseorang. Untuk itu, teruslah berpikir positif dan mengatur kondisi mental anda agar tidak mengalami stres yang berpotensi akan menganggu kesehatan.

Pikiran positif akan sangat penting bagi kehidupan dan kesehatan kita. Karena jika kita tidak sering berpikiran buruk, energi yang buruk akan menyelimuti tubuh dan akan memicu stres sehingga kita harus menghindarinya. Selain itu, kita juga harus menjauhi orang-orang dengan pola pikir negatif karena hal tersebut akan meracuni pikiran kita dengan segala pikiran yang dapat sebabkan stres yang berdampak buruk untuk kesehatan Anda.

  1. Kendalikan Stress
    Kebiasaan yang bantu tubuh tetap sehat dan bugar berikutnya adalah kendalikan stres Anda. Kelola emosi dengan baik, jangan mudah untuk marah-marah, hal tersebut sangat penting dilakukan. Jadilah orang yang mudah tersenyum dan ramah karena ini baik untuk diri sendiri ataupun orang lain.

Perasaan seseorang seperti sedih, marah, cemas, kecewa, dan lain-lain akan direspon oleh organ tubuh lainnya. Stres yang dialami oleh seseorang bisa menjadi pemicu terbentuknya radikal bebas    di dalam tubuh, yang jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang berakibat tubuh rentan terkena penyakit. Jangan pernah menganggap remeh stres.

Pasalnya, stres yang tidak segera diatasi akan berubah menjaid depresi. Depresi merupakan tingkatan gangguan psikis yang lebih membahayakan dibandingkan dengan stres. Orang yang depresi bahkan bisa membahayakan keselamatan dirinya sendiri.

Stres biasanya muncul di lingkungan kerja, lingkungan keluarga, lingkungan sosial atau bahkan di lingkungan pergaulan. Agar terhindar dari depresi ada baiknya kita mengetahui bagaimana cara mengatasi stres yang efektif dilakukan.

  1. Kenali Bahasa Tubuh Anda
    Kelelahan setelah melakukan berbagai aktivitas atau berolahraga merupakan bahasa tubuh kita untuk menyampaikan pesan bahwa tubuh perlu beristirahat. Tanggapi pesan tersebut dengan mengistiratkan tubuh.

    Kebiasaan yang bantu tubuh tetap sehat dan bugar ini akan dapat mengembalikan stamina yang telah terkuras saat anda beraktivitas. Tidur merupakan istirahat yang paling efektif yang dapat dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh. Banyak orang terkena penyakit disebabkan oleh jam tidur yang tidak teratur dan tidak berkualitas. Untuk itu, jaga pola istirahat anda agar tubuh tetap bugar dan sehat.

4.    Menjaga Pola Makan

Kebiasaan yang bantu tubuh tetap sehat dan bugar yang selanjutnya adalah dengan menjaga pola makan Anda. Jangan sampai kita meninggalkan sarapan dan atur selalu jam makan Anda. Orang yang tidak bisa menjaga pola makannya akan mudah sekali terkena penyakit, contohnya maag. Untuk itu, jaga pola makan agar tubuh tetap sehat dan bugar.

5.    Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Dengan rutin konsumsi air putih, hal tersebut merupakan kebiasaan yang bantu tubuh untuk tetap sehat dan bugar. Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit ada baiknya kita mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh kita.

Ada banyak bahaya yang timbul akibat kekurangan cairan terhadap otak dan organ lain yang ada di dalam tubuh manusia. Kekurangan cairan di dalam tubuh bisa menyebabkan aliran darah dan aliran oksigen di pembuluh darah menjadi terganggu, akibatnya adalah darah menjadi kental. Organ yang ada di dalam tubuh manusia terdiri dari air atau cairan sehingga jika organ kekurangan air fungsi organ itu pun terganggu.

6.    Cukupi Kebutuhan Vitamin

Tubuh kita akan selalu membutuhkan asupan vitamin sebagai cara untuk melindungi tubuh dan menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan bugar. Asupan vitamin yang dapat Anda gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh akan beragam jenisnya. Untuk itu, konsumsi vitamin harian yang diperlukan oleh tubuh agar bantu tubuh tetap sehat dan bugar.

7.    Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan Serta Higienitas Makanan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta higienitas makanan akan secara langsung merupakan kebiasaan yang bantu tubuh tetap sehat dan bugar. Ada begitu banyak bakteri, kuman, ataupun virus di sekitar kita yang dapat berpotensi menjadi sumber penyakit. Biasakan diri untuk hidup bersih guna menghindari kontaminasi bakteri dan kuman berbahaya.

Salah satu adalah mencuci tangan sebelum makan. Untuk meminimalisir datangnya penyakit pada tubuh, kita harus mencuci tangan dengan benar sebelum makan. Sudah diketahui sebelumnya jika tangan yang terkena kuman akan mudah sekali masuk ke dalam tubuh. Kuman itu nantinya akan menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan.

Selain itu, dengan rutin menjaga kebersihan badan dan lingkungan Anda akan meminimalisir ancaman akan terkena penyakit yang dapat mengancam kesehatan tubuh. Untuk itu, rutinlah dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar Anda agar tubuh Anda tetap sehat dan bugar.

 

8.    Lakukan Olahraga Secara Teratur

Olahraga secara teratur merupakan kebiasaan yang dapat Anda lakukan untuk dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Setidaknya setiap pagi usahakan untuk berolahraga secara teratur.

Kita bisa berolahraga seperti jogging, bersepeda dan lainnya. Atau paling tidak perbanyaklah jalan kaki. Dengan mulai membiasakan jalan kaki, sedikit demi sedikit akan bermanfaat untuk membakar kalori tubuh.

 

9.    Hindari Kebiasaan Buruk Seperti Merokok

Kebiasaan yang dapat merusak badan Anda adalah kebiasaan merokok, konsumsi alkohol dan termasuk juga konsumsi makanan cepat saji. Untuk itu segera jauhi kebiasaan buruk tersebut. makanan dan minuman seperti itu akan mengandung zat kimia yang berbahaya yang dapat merusak organ-organ tubuh. Apalagi risiko penyakit yang muncul akibat konsumsi makanan seperti itu dapat memunculkan dan memicu penyakit-penyakit yang serius.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here