Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024

0
29

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjalani pelantikan untuk periode 2019-2024, Minggu (20/10/2019). Seusai sumpah pelantikan, Presiden Jokowi membacakan pidato pertamanya untuk masa jabatan kedua ini. Sumber daya manusia (SDM) dan inovasi menjadi poin utama pidato ini.

Lima prioritas  kepemimpinan Jokowi : 

  1. Pembangunan SDM. Membangun SDM yang pekerja keras, yang  dinamis. Membangun SDM yang terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Mengundang talenta-talenta global.
  2. Pembangunan infrastruktur. Infrastruktur yang menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi, akses ke kawasan wisata, yang mendongkrak lapangan kerja baru serta yang mengakselerasi nilai tambah perekonomian rakyat. 
  3. Segala bentuk kendala regulasi disederhanakan. Pemerintah akan mengajak DPR untuk menerbitkan dua undang-undang besar. Yang pertama, UU Cipta Lapangan Kerja. Yang kedua,  UU Pemberdayaan UMKM. Masing-masing UU tersebut akan menjadi omnibus law, yaitu satu UU yang sekaligus merevisi beberapa UU, bahkan puluhan UU.
  4. Penyederhanaan birokrasi yang dilakukan besar-besaran. Investasi untuk penciptaan lapangan kerja menjadi prioritas. Birokrasi yang panjang akan dilakukan penyederhanaan. Seperti contoh, Penyederhanaan Eselon. Eselon akan disederhanakan menjadi 2  level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, menghargai kompetensi.
  5. Transformasi ekonomi. Pemindahan transformasi dari ketergantungan pada sumber daya alam menjadi daya saing manufaktur dan jasa modern yang mempunyai nilai tambah tinggi bagi kemakmuran  bangsa, demi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here