“TAS” Kunci Kemajuan Diri & Organisasi

0
108

Sebuah organisasi, baik berskala kecil, menengah, maupun besar, serta setiap Sumber Daya Manusia (SDM) yang berada di dalam organisasi tersebut, dapat lebih maju dan berkembang, bilamana mampu mengimplementasikan prinsip “TAS”, yang kerapkali menjadi kendala dalam perjalanan suatu organisasi.

TAS merupakan akronim dari Team WorkAttitude, dan Skill. Hal yang  mudah diucapkan namun belum tentu mudah untuk diterapkan. 

Untuk permasalahan team work, setiap SDM harus mampu melepaskan  ego masing-masing untuk kemajuan team (organisasi). Kepentingan Bersama harus lebih mengemuka daripada kepentingan diri pribadi. Cerminan perseteruan baru-baru ini dalam klub sepakbola kenamaan Inggris, Liverpool, dapat menjadi contoh nyata dalam hal ini, di mana perseteruan antara striker Moh. Salah dengan Sadio Mane yang sama-sama berambisi menjadi pencetak gol terbanyak menjadi kendala bagi klub kenamaan Inggris tersebut. Sebuah kesebelasan selayaknya harus bekerja sama untuk mencetak gol bukan menonjolkan individu tertentu menjadi top scorer.

Attitude (sikap) merupakan hal penting yang harus mengemuka.  Winston Churchill telah mengingatkan kita bahwasanya “attitude is a little thing that makes a big difference”. Kita wajib memiliki sikap mental positif bagi kemajuan diri dan organisasi. 

Untuk skill (keterampilan), tidak ada kata berhenti untuk belajar, belajar, dan belajar, “mengasah” diri untuk kemajuan diri dan organisasiNever stop learning because life never stop teaching. 

Marilah kita berlomba-lomba di dalam melaksanakan “TAS” dalam kehidupan diri dan organisasi.

 

 Roebing Gunawan Budhi (GA) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here