Hari Pelanggan Nasional

0
60
Increase customer satisfaction concept. Businessman (marketing specialist) draw growing line symbolize growing customer satisfaction.

Hari Pelanggan Nasional diperingati setiap tanggal 4 September. Di Tanah  air terdapat banyak potongan harga yang menarik bagi para pelanggan di hari tersebut.  Kita memang patut mengapresiasi para pelanggan kita sehubungan kita hidup dari para pelanggan. Pelanggan-lah yang menghidupi kita bersama.

“Lupakan pesaingmu, fokuslah hanya kepada pelangganmu”, demikian nasihat Jack Ma. (Alibaba Group).  Salah satu orang terkaya di dunia tersebut menjadikan “customer first” sebagai satu dari enam pilar nilai-nilai kepemimpinan (leadership value) yang dianutnya.

Jack Ma benar, pelanggan sesungguhnya adalah yang mendukung penghidupan dan keberlanjutan usaha kita, maka kita harus fokus terhadap para  pelanggan dan mengerti serta memberikan harapan lebih dari apa yang diharapkan oleh pelanggan, itulah makna sesungguhnya dari kepuasan pelanggan.

Hal ini berlaku pula di PT. ATEJA. Semua orang, tidak hanya terbatas  kepada jajaran marketing, merupakan “duta-duta” Ateja untuk menjamin kepuasan pelanggan, di mulai dari menyiapkan bahan baku yang baik, mengolah dan memproduksi, sampai kepada mengirimkan barang produk ATEJA dengan tepat waktu dan tepat jenis (jumlah) ke pelanggan.

Berkaitan  dengan “Hari Pelanggan Nasional”, maka kepercayaan pelanggan harus senantiasa dijaga, dipelihara, dan ditingkatkan, mengingat saat ini kita berada di era hypercompetition, persaingan nirbatas negara dan  wilayah, tanpa sekat proteksi, di mana pelanggan memiliki hak untuk memilih produk yang terbaik dengan harga yang bersaing.

Kita wajib mengingat dibutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk mendapatkan pelanggan, namun hanya butuh waktu dalam  hitungan jam bahkan menit untuk kehilangan pelanggan, bilamana pelanggan kecewa dan meninggalkan kita, sehingga kita kehilangan sebuah peluang bisnis.

Pada akhirnya, kepuasan pelanggan merupakan sebuah pekerjaan yang  tak ada akhirnya, kita wajib terus memahami kepuasan pelanggan, sehingga  pelanggan ATEJA senantiasa puas dan tersenyum tulus sesuai dengan logo Hari Kepuasan Pelanggan.

 

******

 

 

 

Roebing Gunawan Budhi (GA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here