HARI KESEHATAN INTERNASIONAL

0
92

        Secara internasional, hari kesehatan diperingati setiap tanggal 7 April dan di tanah air ditetapkan setiap tanggal 12 November, yang dilatarbelakangi oleh epidemi penyakit malaria di era tahun 1950-an, yang menelan banyak korban.

         Kesehatan merupakan hal paling berharga yang wajib kita miliki dan merupakan karunia dari Tuhan YME (health is the most precious grace given by God) dalam kehidupan. Tak ada artinya memiliki banyak uang bilamana kita tidak ditopang oleh kesehatan.

    Dalam kehidupan modern saat ini, masalah kesehatan semakin mengemuka, seiring dengan mulai berkurangnya aktifitas fisik, seperti olahraga, akibat kesibukan (pola hidup) dan semakin maraknya jenis makanan yang kurang menyehatkan. Untuk itu kita wajib menjaga kesehatan diri kita dan keluarga, tentu diawali dengan hal yang terkecil, dimulai dari diri sendiri, dan “now” action.

    Dengan lebih banyak mengkonsumsi air putih dibandingkan minuman yang bersoda dan banyak mengandung klukosa, maka tubuh relatif akan lebih sehat. Menu makanan 4 sehat 5 sempurna, tetap berlaku sampai saat ini. Perbanyak menu sayuran dibandingkan dengan daging dan lemak akan membuat tubuh lebih sehat dan meminimalisir potensi penyakit di dalam tubuh kita.

         Socrates, filsuf Yunani, telah berujar “Eat to live not live to eat” (makan untuk hidup bukan hidup untuk makan), mengajarkan kepada kita untuk bijak memilih jenis makanan yang menyehatkan tubuh dan bukan meracuni tubuh kita. 

            Pada akhirnya, dengan menjaga kesehatan tubuh, maka kita akan berbahagia dan merupakan investasi masa depan yang baik. Janganlah kita sibuk mengumpulkan uang saat muda dan sakit-sakitan di masa tua akibat kita tidak mau dan mampu menjaga kesehatan semenjak dini.

 

********

 

Roebing Gunawan Budhi (GA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here