Mari Ciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat

0
553

Sepertiga waktu sehari kita berada di lingkungan kerja dan tentunya hal ini sangatlah berpengaruh bagi kesehatan kita. Lingkungan kerja yang baik akan memastikan kita tetap dalam kondisi sehat, baik secara jasmani ataupun rohani. Bekerja yang sehat tidak hanya didukung oleh badan yang sehat, namun juga lingkungan kantor yang sehat.

Berikut ini beberapa cara menciptakan lingkungan kerja yang sehat:

  1. Menempatkan beberapa tanaman di lingkungan kantor

Penting untuk menciptakan lingkungan kantor yang sehat dengan meletakkan tanaman hidup di beberapa sudut ruang kerja. Tanaman dapat menyerap racun yang dihasilkan oleh penggunaan mesin di kantor dan menggantinya dengan oksigen. Hal ini dapat menciptakan kualitas udara yang lebih bersih dan segar.

  1. Menempatkan beberapa barang pribadi di Meja kerja

Sebuah riset menunjukkan bahwa dengan menempatkan beberapa barang pribadi seperti foto atau pot bunga kecil pada meja kerja, akan menjadikan pekerja 15% lebih produktif dibandingkan mereka yang tidak meletakkan barang-barang pribadi di meja kerja. Lebih jauh lagi, pekerja yang dibebaskan mendekorasi meja kerja sesuka hati mereka mendapati produktifitas mereka meningkat hingga 25% dibandingkan mereka yang dipaksa bekerja di meja yang “bersih” dari barang-barang pribadi.

“When We Can Enrich Our Space We’re Happier. And We Work Better When We’re Happier”

  1. Maksimalkan Pencahayaan Alami

Pilih kaca yang besar untuk memaksimalkan cahaya yang masuk. Studi menunjukkan bahwa cahaya alami dan natural dapat meningkatkan produktifitas dan dapat mengurangi stres, serta dapat meminimalisir kelelahan pada mata. Tingkat cahaya ini tentunya harus cukup terang sehingga tidak menimbulkan ketegangan pada mata.

  1. Kualitas Udara yang Baik

Kandungan udara yang segar haruslah mencukupi dan terbebas dari segala pencemaran termasuk debu ataupun uap. Adanya jendela yang dapat dibuka dan ditutup juga harus diperhatikan. Menerapkan aturan dilarang merokok di lingkungan kerja sangatlah disarankan karena hal ini tidak hanya berbahaya dari segi perokoknya saja tetapi juga berbahaya untuk perokok pasif atau untuk menghindari bahaya pada perokok pasif tersebut buatlah suatu ruangan khusus untuk merokok.

  1. Selalu Menjaga Kebersihan

Lingkungan kantor yang sehat adalah lingkungan kantor yang bersih. Pastikan setiap pekerja dapat menjaga kebersihan di setiap ruang kerja. Terutama bagian meja kerja yang tentu menjadi tempat untuk bekerja. Pastikan tidak ada tumpukan sampah dan debu yang membuat lingkungan kantor tidak sehat.

Dengan menciptakan lingkungan kantor yang sehat, maka kita juga akan bersemangat dalam bekerja. ATEJA sebagai perusahaan yang telah memiliki sistem dan budaya yang baik senantiasa menciptakan lingkungan kerja yang sehat bagi pekerjanya, oleh sebab itu tugas kita sekarang adalah menjaga lingkungan tersebut agar tetap bersih, rapi dan teratur, sehingga kita dapat nyaman dan bahagia bekerja di dalamnya. 

 

Sumber: 

www.lokabaturaja.com/index.php/2011-07-25-15-58-1/item/54-menciptakan-lingkungan-kerja-yang-sehat

http://tabloidnyata.com/ra0517-bawa-barang-pribadi-ke-tempat-kerja/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here