Pesan Jokowi di Hari Pahlawan: Semangat Majukan Bangsa

0
36

Presiden Joko Widodo atau Jokowi berpesan kepada generasi milenial di Tanah Air agar terus memupuk semangat memajukan bangsa. Pesan tersebut disampaikan Jokowi dalam rangka Hari Pahlawan.

“Semangat memajukan bangsa ini, semangat untuk membuat negara Indonesia ini maju,” kata Jokowi di Gedung Sate Jalan Diponegoro, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/11/2018).

Jokowi juga menginginkan anak muda tetap semangat dalam bekerja dan terus berinovasi menciptakan hal-hal baru. “Semangat semangat semangat. Pahlawan dulu juga sama semangat untuk merdeka setelah itu semangat untuk membangun negara, semangat untuk memajukan negara,” ujar dia.

Sebelumnya, Jokowi memimpin upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Cikutra yang terletak di Jalan Cikutra, Neglasari, Cibeunying Kaler, Kota Bandung. Usai upacara, Jokowi menabur bunga di atas makam sejumlah tokoh Pahlawan Nasional.

Mereka di antaranya perintis kemerdekaan Abdoel Moeis, mantan Menteri Dalam Negeri Moh. Yogie SM, dan mantan Gubernur Jawa Barat Letjen TNI (Purn) M Nashudi. Kemudian mantan Dubes Saudi Arabia H Aang Kunaefi, perintis industri penerbangan Laksamana Muda Udara (Anumerta) Nurtanio Pringgoadisuryo, dan mantan Komandan Pangkalan Udara Margahayu Komodor Udara (Anumerta) Sulaiman. Setelah itu,Jokowi melepas sekaligus mengikuti kegiatan Gowes Bandung Lautan Sepeda di Gedung Sate.

Kenakan Kostum Pejuang

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengikuti kegiatan Gowes Bandung Lautan Sepeda di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat. Acara ini diadakan oleh Kodam III/Siliwangi dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2018.

Pada kesempatan ini, Jokowi menggunakan sepeda ontel bersama para peserta lain. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengenakan pakaian pejuang kemerdekaan berwarna cokelat krem dipadu sepatu boots hitam. Tak ketinggalan topi khas pejuang dan tas kecil.

Setelah membuka kegiatan Gowes Bandung Lautan Sepeda, Jokowi mengungkapkan alasannya memakai seragam pejuang.”Ini kan Hari Pahlawan 10 November, jadi suasana sejarah di tahun 45 di masa masa perjuangan. Suasana itu yang tadi kenapa saya pakai pakaian ini,” ucap Jokowi, Bandung, Sabtu (10/11/2018). Dia pun mengingatkan tentang semangat perjuangan di masa kini. Dia mengatakan, semangat Hari Pahlawan saat ini ialah terus membangun negara.

Sumber: Liputan6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here