Pemimpin Yang Melayani Pelanggan

0
174

Tak terasa kita berjumpa lagi dengan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas). Hari dimana kita diingatkan untuk terus meningkatkan pelayanan pelanggan. Adapun tema Harpelnas tahun 2018 adalah Pemimpin yang Melayani. Tema ini diambil karena sifat pemimpin yang melayani masih jarang ditemukan. Lalu, apa saja yang bisa diperoleh dari seorang pemimpin yang mempunyai jiwa melayani?

Salah satu keistimewaan dari seorang pemimpin yang mempunyai sifat melayani (servant leader) adalah dia menjadi orang yang pertama bergerak. Ia merupakan orang yang memimpin dari depan, dan bukan dari belakang. Ini merupakan jiwa kepemimpinan yang mengutamakan tindakan daripada kata-kata. Dan dia jugalah pemimpin yang mampu menunaikan pekerjaan yang umumnya akan ditolak oleh kebanyakan orang.

Dengan karakter seperti itu, pemimpin dengan jiwa melayani pasti menjadi teladan dan contoh bagi para pengikutnya. Pemimpin seperti ini mempunyai kekuatan yang lebih besar untuk bisa menggerakkan banyak orang di bawahnya, berkat keteladanan yang diberikan.

Peduli terhadap Pelanggan

Perusahaan tentu harus memiliki pemimpin yang aware dan peduli akan para pelanggannya. Perusahaan membutuhkan pemimpin yang mampu merombak mindset pengikutnya supaya bisa terlibat aktif dalam pelayanan pelanggan.

Perusahaan di setiap industri kini harus membenahi segala kerumitan dalam setiap struktur organisasi dan aktivitas operasionalnya. Setiap divisi dalam perusahaan harus saling menularkan jiwa melayani karena mereka bekerja secara berkaitan satu dengan lainnya.Pemimpin harus mampu membimbing bawahannya supaya dapat men-deliver pelayanan yang mumpuni.

Inilah mengapa jiwa pemimpin yang melayani seringkali terbentuk dari pengalaman pribadinya sendiri ketika melakukan tugas-tugas pelayanan sebagai seorang bawahan. Memang tidak mudah membentuk kepemimpinan yang berorientasi melayani. Masih banyak pemimpin yang salah kaprah dan menganggap bahwa mereka ada untuk sekadar menyuruh dan menggerakkan anak buah. Memang ini tidak salah, tapi bisa menggerakkan anak buah, seorang pemimpin harus memberikan teladan dan menjadi role model terlebih dahulu.

Roda Penggerak Organisasi

Seorang pemimpin harus bisa memanfaatkan sumber daya fisik sekaligus emosional dan spiritual dari suatu perusahaan. Mereka juga harus bisa menurunkan ini kepada para manajer yang nantinya akan mengelola segala sumber daya tersebut.

Walaupun semua sudah sadar akan pentingnya mengelola sumber daya dalam perusahaan, masih jarang yang mampu memanfaatkan energi emosional dan spiritual dalam bekerja. Pemimpin yang andal memanfaatkan sumber daya emosional dan spiritual dalam perusahaan akan menjadi roda penggerak bisnis yang baik pula.

Pemimpin yang berorientasi pelayanan mempunyai kepercayaan yang kuat pada setiap bawahannya, dia selalu memprioritaskan kelancaran komunikasi dan informasi di antara mereka dan semua bawahannya. Para pemimpin ini menjadi pendengar yang baik, menyingkirkan segala birokrasi yang ada, terus mengomunikasikan visi bersama, sekaligus memastikan semua mengarah kepada satu tujuan yang sama.

Semoga dengan semangat Harpelnas tahun ini bisa lahir lebih banyak lagi pemimpin-pemimpin yang memiliki jiwa melayani.

Selamat Hari Pelanggan Nasional 2018!

Sumber: http://haripelanggan.com/bulletin/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here