Mari Bekerja Produktif!

0
139

Ada banyak cara meningkatkan produktivitas, walaupun hal ini lebih mudah diucapkan ketimbang dilakukan. Mulailah dengan merencanakan perubahan kecil, lalu jalankan dengan baik sehingga menjadi sebuah rutinitas. Setelah terbentuk pola baru, kebiasaan melakukan perubahan kecil bisa membawa hasil yang besar.

     1.Tentukan prioritas dengan mempertimbangkan efisiensi.

Aspek penting dalam meningkatkan produktivitas adalah bekerja secara efisien. Jika ada beberapa tugas yang harus Anda selesaikan, tentukan prioritas yang membuat Anda tetap aktif dan mau bekerja keras.

  • Prioritaskan tugas yang tidak Anda sukai. Jika Anda mulai bekerja dengan menyelesaikan tugas yang menyenangkan, Anda sudah lelah saat harus mengerjakan tugas yang kurang menyenangkan dan cenderung menundanya.
  1. Buatlah jadwal kerja.

Tentukan jadwal kerja yang realistis menggunakan kalender biasa atau elektronik. Anda akan termotivasi untuk bekerja lebih keras dengan mewujudkan rencana dalam bentuk pengingat yang konkret dan bisa terlihat.

  • Masukkan waktu istirahat dan makan siang sesuai jam istirahat di tempat kerja Anda dalam jadwal ini.
  • Buatlah jadwal kerja untuk sehari penuh saat mulai bekerja. Di akhir hari, sisihkan waktu beberapa menit untuk menyusun draf jadwal kerja hari berikutnya.
  1. Berikan hadiah kepada diri sendiri untuk memotivasi..

Tentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang setiap tugas dan berikan hadiah kepada diri sendiri jika tujuan Anda tercapai. Untuk tujuan kecil, seperti membersihkan dapur atau menyelesaikan tugas sehari-hari, berikan hadiah es krim untuk diri sendiri atau setengah jam memanjakan diri. Untuk tujuan yang lebih besar, seperti mendapatkan gelar atau promosi, pergilah berlibur atau nikmatilah petualangan akhir pekan sebagai hadiah untuk diri sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here