Senyum Menyehatkan & Tidak Perlu Biaya

0
150

Senyum merupakan bentuk ekspresi, menunjukkan kebesaran jiwa dan hati yang lapang.. Orang yang selalu menampakkan wajah riang membuatnya simpatik dan terkesan terbuka kepada siapa saja. Senyum yang selalu mengembang dari bibir seseorang mampu mencairkan kebekuan, bahkan kecemasan dan keragu-raguan akan lenyap dari wajahnya. Membuat suasana hangat, akrab dan penuh keharmonisan, khususnya di lingkungan PT. Ateja.

Sebenarnya tidak hanya obat-obatan yang bisa menyembuhkan penyakit, karena telah di temukan obat yang sangat praktis untuk mengobati penyakit tertentu yaitu senyum. Ingat, Hati yang gembira adalah obat yang manjur. 

Tersenyumlah dengan ketulusan, hati anda akan lapang dan anda akan menjadi orang yang disenangi. Dengan tersenyum, anda sedang membuka pintu hati anda. Senyuman yang tulus gambaran kematangan pribadi seseorang, karena apapun yang kita kerjakan ketika dilakukan dengan hati yang tulus akan menjadi gambaran dari kepribadian seseorang.

Riset Medis

Saat tersenyum, otot mata mengerut, dua otot sudut bibir tertarik otot di sekitar hidung juga, dua otot di sudut mulut bergerak naik, dan dua otot lagi membuat bibir melebar. Kalau dihitung, ada 12 otot wajah yang bergerak saat seseorang tersenyum. Saat merengut, otot yang bergerak hanya 11. Sementara senyuman palsu hanya menggerakkan dua otot yaitu di sudut bibir. Kata David Song, MD, FAGS., ahli bedah plastik Universitas Chicago.

Senyum membuat sistem imun bekerja lebih baik. Fungsi imun tubuh bekerja maksimal saat seseorang merasa rileks. Menurut penelitian, flu dan batuk bisa hilang dengan senyum. Senyum menurunkan tekanan darah. Tidak percaya? Coba Anda mencatat tekanan darah saat anda tidak tersenyum dan catat lagi tekanan darah saat anda tersenyum saat diperiksa. Tekanan darah saat Anda tersenyum pasti lebih rendah.

Manfaat yang diperoleh dari senyum, akan semakin berlipat ganda bila ditambah dengan tawa. Sebagaimana diungkap Joan Coggin, M.D., seorang kardiolog di University School of Medicine, Loma Linda, Amerika Serikat, kanak-kanak rata-rata tertawa 400 kali dalam sehari. Sedang orang dewasa rata-rata hanya tertawa 15 kali saja sehari. Itu berarti manusia dewasa kehilangan 385 tawa seiring dengan bertambahnya umur. “Padahal berbukti, tertawa bermanfaat bagi kesehatan,” kata Coggin.

Merujuk hasil riset yang pernah dilakukannya, doktor bidang medis itu menjelaskan, tertawa memberikan relaksasi dan mengurangi stres. “Setelah meninggikan sampai jumlah tertentu tekanan darah dan irama jantung, tertawa langsung menurunkannya lagi sehingga sensor-sensor perseptif meningkat dan menyebabkan Anda sanggup menghadapi tugas dengan lebih baik,” paparnya.

Maka, marilah kita jalin keharmonisan dan kerjasama di tempat kerja kita masing-masing. Senyum mebawa kesehatan dan tidak perlu mengeluarkan biaya. Let’s Smile !!

 

Roebing G.B.

 

******

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here