FILOSOFI RUSA

0
571

“Seekor rusa harus bisa lari lebih cepat 1 detik setiap saat, supaya tidak menjadi mangsa binatang buas di padang gurun, dan seekor harimau harus lari lebih cepat 1 detik supaya bisa memperoleh mangsa di padang gurun”

Pagi hari yang cerah membawaku ingin melihat sepasang rusa yang baru saja didatangkan ke ATEJA, kandang rusa tersebut tepatnya terletak pada halaman di sebelah Gedung Showroom, Plant AT1. Sepasang rusa tersebut nampak asik menikmati rumput segar yang terbentang di dalam kandang yang cukup luas untuk keberadaan mereka berdua, sesekali pandangan mereka awas terhadap kehadiran saya yang datang mengamati sosok mereka.

Sejenak terlintas dalam pikiran, bahwa rusa itu justru merasa aman dan nyaman meskipun hidup dalam sebuah kandang yang membatasi langkah gerak mereka, sebab mereka tak perlu lagi khawatir akan ancaman binatang buas yang sewaktu-waktu dapat menerkam mereka.

Lamunanku terus mengingat, bahkan sampai pada ingatan tentang cerita seorang bijak yang berkata “Seekor rusa harus bisa lari lebih cepat 1 detik setiap saat, supaya tidak menjadi mangsa binatang buas di padang gurun, dan seekor harimau harus lari lebih cepat 1 detik supaya bisa memperoleh mangsa di padang gurun”.

Jika kita renungkan kalimat bijak tersebut, maka dapat kita bayangkan bahwa di kondisi padang gurun yang panas, rumput yang gersang dan berdebu, serta kebutuhan air minum dan makanan untuk para hewan yang sangat minim, tetapi mereka dipaksa hidup dalam persaingan yang sangat kejam dan keras, sehingga kecepatan waktu dan konsentrasi yang luar biasa dibutuhkan untuk dapat bertahan hidup, bahkan agar dapat berkembang biak, sebab jika mereka lengah sedikit maka akan jadi mangsa hewan lainnya.

Kejadian tersebut sungguh sangat melelahkan dan mengerikan, tetapi sebaliknya juga sangat mengesankan bila kita melihat hasil akhirnya bagi mereka yang dapat bertahan dan bahkan dapat bertumbuh dengan hebat.

Hikmah yang dapat kita ambil dalam hal pekerjaan ataupun usaha yang kita jalani adalah dalam hal persaingan prestasi kerja, persaingan usaha dan persaingan pasar, mengingat pada saat ini kita telah memasuki era Industri 4.0, dimana semua dituntut untuk serba cepat dan efisien, maka hal tersebut dapat menjadi inspirasi bagi kita agar dapat bergerak lebih cepat, lebih tepat guna, dan lebih kompak dalam hal mempertahankan prestasi atas kinerja, mempertahankan stabilitas dan pertumbuhan bisnis, maupun mempertahankan posisi kita di dunia usaha sehingga dapat kuat dan bertumbuh dengan baik serta fantastis.

Semoga melalui kerja team yang solid, terencana dengan matang, dan tertata dengan rapi dapat membuat seluruh team membantu perusahaan ATEJA dalam memenangkan seluruh persaingan dalam dunia bisnis ini.

******

Yudha Aditya Chandra (HRD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here