Sudah Idealkah Berat Badan Anda?

1
168

Mempunyai berat badan ideal tentu merupakan dambaan semua orang. Tak heran, banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan berat badan idealnya. Tapi tunggu dulu, apakah berat badan yang Anda harapkan itu sudah sesuai dengan berat badan ideal berdasarkan hitungan?

Terkadang, ada orang yang mengiginkan mempunyai berat badan di bawah normal. Tentu, hal ini tidak baik bagi kesehatan. Mempunyai berat badan yang sangat kurus atau sangat gemuk, keduanya tidak disarankan.

Mempunyai berat badan ideal tentu penting sebagai upaya untuk mempertahankan kesehatan secara keseluruhan. Ini juga merupakan salah satu cara untuk mencegah dan mengendalikan berbagai penyakit.

Mempunyai berat badan berlebih atau obesitas dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes mellitus tipe 2, batu empedu, dan kanker tertentu.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Apakah berat badan Anda sudah masuk dalam kategori ideal? Berat badan ideal setiap orang berbeda-beda. Jadi, jangan membandingkan berat badan yang Anda punya dengan berat badan teman, saudara, keluarga, dan orang lain.

Untuk mengetahui berapa idealnya berat badan, Anda bisa menyesuaikannya dengan tinggi badan yang Anda miliki. Karenanya, sebelum mulai menghitung berapa berat badan yang ideal untuk Anda, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tinggi badan Anda.

Untuk mengetahui berat badan yang Anda punya normal atau tidak, Anda bisa menghitungnya dengan rumus:

Berat badan normal (kg) = tinggi badan (cm) – 100

Jadi, jika Anda mempunyai tinggi badan 160 cm, Anda cukup mempunyai berat 60 kg untuk dikatakan normal. Namun, berbeda lagi jika Anda ingin mempunyai berat badan ideal.

Berat badan ideal ini dibedakan antara pria dan wanita. Hal ini karena komposisi tubuh pria dan wanita berbeda. Pria lebih banyak memiliki massa otot dibandingkan wanita, sedangkan wanita lebih banyak memiliki komposisi lemak dalam tubuh.

Untuk menghitung berat badan ideal, Anda bisa menggunakan rumus Broca yang ditemukan oleh Pierre Paul Broca. Sangat mudah untuk menggunakan rumus ini.

Pria : Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]

Wanita : Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

Contoh, jika Anda wanita yang memiliki tinggi badan sebesar 158 cm, maka berat badan Anda yang ideal adalah sebesar 58-8,7 = 49,3 kg.

Dari penjelasan di atas dapat dilihat bahwa walaupun Anda memiliki berat badan normal, tapi belum tentu itu termasuk ideal untuk Anda. Biasanya para wanita yang ingin sekali mempunyai berat badan yang ideal.

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, bukan berarti Anda harus melakukan diet ketat. Kuncinya adalah menyeimbangkan antara energi yang masuk ke tubuh Anda dengan energi yang keluar.

Jika Anda harus menurunkan berat badan untuk mendapat berat badan yang ideal, maka energi yang keluar dari tubuh Anda harus lebih besar daripada energi yang masuk, dan sebaliknya.

8 Tips Menjaga Berat Badan

Beberapa tips singkat berikut ini akan menolong Anda untuk tetap makan dengan nikmat yang sekaligus juga dapat menjaga berat badan :

  1. Kurangi konsumsi lemak.

Lemak banyak terdapat dalam daging, mentega , keju, dan produk-produk susu. Misalnya, pilih susu dengan kadar lemak 1% dan bukan yang 2% (jika ada 2 pilihan). Jangan tergoda oleh kue kering  atau biskuit  yang menyatakan rendah lemak, karena belum tentu kandungan kalorinya juga rendah. Gantikan makanan berlemak tinggi dengan yang berserat tinggi.

  1. Perhatikan konsumsi kalori harian Anda.

Jika Anda sudah berhasil menghindari makanan rendah lemak namun tetap mengkonsumsi makanan berkalori tinggi; seperti minuman bersoda, biskuit, kue, atau permen, maka kemungkinan besar berat badan Anda akan bertambah

  1. Makanlah dalam porsi yang cukup.

Sepiring nasi dengan sepotong daging ukuran sedang, plus sayuran dan seiris semangka adalah contoh menu yang cukup mengenyangkan namun tidak menggemukkan.

  1. Makanlah hanya jika Anda merasa lapar

Artinya, makan tiga kali sehari dan hindari memakan camilan di antara waktu-waktu makan tersebut. Kebiasaan ngemil sambil nonton TV sebaiknya dihindari kalau ingin timbangan Anda tidak bergerak ke angka yang lebih besar lagi.

  1. Buat agenda makan.

Mungkin agak aneh untuk sebagian orang, namun keberhasilan dalam melakukan suatu hal sudah terbukti jika dibuat secara tertulis.  Dengan menuliskan; jenis makanan, berapa banyak dan kapan Anda mengkonsumsi sesuatu, Anda akan lebih sadar terhadap makanan yang dikonsumsi selama ini. Setelah beberapa minggu evaluasilah pola makan ini, dan jika perlu buatlah perubahan yang lebih baik.

  1. Jangan terlalu membatasi diri.

Jika Anda memang senang makan es krim atau kentang goreng, konsumsilah sekali seminggu dalam porsi kecil. Nikmati setiap suapnya. Jika terlalu menahan diri, bukan tak mungkin Anda akan mengkonsumsi secara berlebihan di saat Anda melanggarnya.

  1. Bersikap dan berpikir realistis.

Berat badan ideal tidak dapat dicapai dalam satu malam. Menjaga berat badan agar tetap ideal tidak berarti Anda tidak boleh makan di pesta atau semacamnya. Jalankan saja diet Anda secara rasional dan fleksibel, tapi sesuaikan dengan kegiatan sehari-hari.

 

1 COMMENT

  1. Pertanyaan :
    1.Sudah Idealkah Berat Badan Anda?
    Jawaban :
    Sangat jauh dari Ideal

    Motivasi saya setelah membaca artikel diatas
    Hidup sehat pasti Ideal , Ideal belum tentu hidup sehat

    Thx Ateja News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here